Mengenal Apa itu Rosacea dan Penyebabnya Yang Perlu Diketahui

0 Comments


Ada berbagai macam jenis penyakit yang menganggu kesehatan kulit seperti Rosacea. Apa itu Rosacea? Istilah satu ini memang masih asing buat sebagian besar orang, tetapi kondisi inipun ternyata juga sering dialami oleh sejumlah orang. Biasanya ditandai dengan adanya ruam kemerahan pada wajah terutama pipi, dahi, dagu hingga hidung.

Bahkan apabila dibiarkan secara terus-menerus ternyata bisa mengakibatkan warnanya semakin merah dan bahkan pembuluh darah akan terlihat jelas. Wajah biasanya juga akan dipenuhi dengan benjolan merah, kecil dan berisi nanah. Jika dilihat sekilas memang mempunyai kemiripan dengan jerawat, tetapi ternyata sangat berbeda.

Faktor Penyebab Munculnya Rosacea

Rosacea inipun ternyata bisa terjadi pada siapa saja tetapi lebih sering terjadi pada wanita ataupun orang dengan kulit putih. Tetapi kemungkinan besar, kondisi inipun dapat diturunkan risikonya dengan cara mengurangi hal-hal yang menjadi pemicu timbulnya.

Terdapat beberapa gejala yang bisa terjadi seperti kulit bengkak, kulit lebih sensitive, kasar dan bersisik hingga adanya sensasi rasa terbakar. Adapun factor pemicu dari penyakit inipun ternyata sangat beragam diantaranya adalah.

Faktor Genetik

Rosacea inipun merupakan penyakit yang bisa ditularkan didalam keluarga. Sebab seseorang dimana mempunyai anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini, maka besar kemungkinan juga berisiko terkena. Bahkan bisa dibilang jika ini adalah factor paling kuat dimana menyebabkan munculnya penyakit ini.

Bakteri Helicobacer Pylori

Helocobacter pylori adalah bakteri dimana dapat ditemukan pada usus buat merangsang adanya produksi bradykinin. Dimana merupakan polipeptida kecil yang dipercaya menyebabkan adanya pembuluh darah semakin melebar. Itulah mengapa jenis bakteri inipun dipercaya menjadi penyebab dari rosacea tersebut.

Tungau Mikroskopis

Selain itu ada pula tungau mikroskopis dimana dapat hidup di kulit manusia dan biasanya memang tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi orang yang mempunayi rosacea biasanya mempunyai jumlah tungau jauh lebih banyak dibandingkan dengan kebanyakan orang.

Kondisi ini sebenarnya memang dapat hilang dengan sendirinya tetapi apabila kondisi kemerahan atau inflamasi tidak kunjung hilang, maka sebaiknya harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter segera. Sudah tahu apa itu rosacea bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.