Jenis-Jenis Asuransi yang Perlu Diketahui Sebelum Memilihnya

0 Comments


Mungkin istilah asuransi sudah bukan hal asing lagi di benak masyarakat. Secara umum, asuransi merupakan jaminan perlindungan akan suatu hal ketika terjadi sesuatu, baik berupa barang maupun nyawa, misalnya Roojai.co.id. Dilihat dari segi fungsinya, ada berbagai macam jenisnya. Jadi, sebelum memutuskan sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis berikut ini agar lebih tepat ketika memilih.

Meski cukup penting dalam perlindungan, beberapa orang masih merasa abai dengan hal tersebut. Salah satu alasan paling sering diutarakan adalah tidak mau mengeluarkan uang bulanan hanya untuk sesuatu yang belum pasti. Memang apabila tidak ada kerusakan ataupun kecelakaan sepertinya tidak ada hasilnya. Namun, jika tiba-tiba mengalaminya pasti akan benar-benar merasakan manfaatnya.

Jenis-Jenis Asuransi

Korporasi

Jenis yang pertama adalah proteksi korporasi. Biasanya perlindungan ini diberikan kepada seluruh karyawan pada sebuah perusahaan. Tujuan dari pemberian ini adalah karena karyawan dianggap sebagai aset sangat berharga sehingga perlu mendapatkan jaminan agar bisa roda perputaran bisnis menjadi lebih terjaga. Mengenai jumlahnya, setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan masing-masing.

Ada cukup banyak manfaat bisa diperoleh ketika memilikinya seperti karyawan tidak perlu khawatir apabila terjadi hal tidak diinginkan di masa mendatang seperti kecelakaan kerja. Akan tetapi, karena bersifat korporasi, artinya perlindungan ini hanya akan diberikan ketika seseorang berstatus sebagai karyawan saja. Apabila sudah tidak bekerja di tempat tersebut, maka perlindungan tidak bisa dimiliki lagi.

Hari tua

Beberapa orang kerap menyebutnya dengan istilah jaminan hari tua. Sesuai namanya, perlindungan ini memang menjamin nasabah mendapatkan jaminan ketika memasuki usia pensiun atau tidak produktif bekerja. Jadi, ketika sudah membeli jenis ini, artinya Anda sudah menabung sejak dini agar memiliki masa tua lebih baik dan tidak terlalu terbebani akan masalah keuangan.

Dari penjelasan di atas, mungkin beberapa orang bertanya mengenai perbedaan dengan tabungan hari tua karena sama-sama dinikmati di usia senja. Pada dasarnya, proteksi hari tua memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan tabungan. Sebagai contoh, nasabah bisa melakukan perancangan pensiun sejak mulai mendaftar sesuai kemampuan finansial masing-masing.

Jiwa

Mungkin sudah banyak orang merasa familiar dengan istilah tersebut. Seperti namanya, fungsi utama dari perlindungan ini adalah menjamin adanya bantuan finansial ketika nasabah mengalami kecelakaan fatal hingga meninggal dunia. Namun, sebaiknya pahami syarat serta ketentuan terlebih dahulu karena setiap penyedia biasanya memiliki aturan masing-masing.

Satu perusahaan mungkin memberikan peraturan klaim hanya bisa dilakukan saat nasabah meninggal dunia. Akan tetapi, ada pula agensi lain memungkinkan nasabah mendapatkan dana sebelum kematian. Inilah pentingnya menyimak seluruh ketentuan secara detail terlebih dahulu agar nantinya proses klaim tidak terkendala masalah teknis seperti itu.

Kesehatan

Apabila jenis sebelumnya menjamin ketika nasabah meninggal dunia, proteksi kesehatan lebih ke arah pembiayaan saat melakukan penanganan medis. Penanganan ini bisa berupa biaya pengobatan, operasi, rawat inap, dan lain-lain. Biasanya perusahaan akan menanggung beberapa persen dari total biaya apabila nasabah mengalami cacat, sakit, ataupun meninggal dunia.

Mengenai polis, semua bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Oleh karena itu biasanya terdapat beberapa tingkatan. Silakan pilih setidaknya maksimal 10% dari pendapatan bulanan agar tidak terlalu membebani finansial keluarga.

Kecelakaan diri

Jenis proteksi terakhir adalah asuransi kecelakaan diri. Seperti kita ketahui, ada beberapa pekerjaan yang memiliki risiko kecelakaan cukup tinggi seperti pekerja proyek, teknisi kelistrikan, dan sebagainya. Bahkan, potensi terjadi luka berat saat mengalami kecelakaan juga sangat tinggi sehingga akan membutuhkan biaya besar ketika menjalani pengobatan.

Sebagai bentuk perlindungan apabila hal tersebut terjadi, maka penting memiliki asuransi kecelakaan diri. Dengan proteksi ini, nasabah akan terbantu ketika mengalami kecelakaan ringan hingga berat sehingga tidak perlu terlalu terbebani masalah biaya pengobatan. Namun, tidak semua agensi menyediakan layanan ini. Salah satu paling direkomendasikan saat ini adalah Roojai.

Demikian beberapa jenis-jenis asuransi yang wajib diketahui. Mengenai salah satu penyedia proteksi kecelakaan diri Roojai di bagian sebelumnya, jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resminya di Roojai.co.id. Di sana akan ada disajikan berbagai hal seperti produk, syarat dan ketentuan, alamat, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.